Bau Nyale

info event
Bau Nyale merupakan tradisi turun temurun. Dalam tradisi ini, ribuan orang menangkap cacing laut di sepanjang pantai Pulau Lombok. Cacing-cacing laut ini dikenal dengan sebutan nyale, yang dipercaya sebagai jelmaan Putri Mandalika.

Mandalika dikenal sebagai putri cantik yang memilih menceburkan diri ke laut lepas, menghindari peperangan antar pangeran yang memperebutkan dirinya. Legenda Putri Mandalika ini dikenal hampir di seluruh penjuru Pulau Lombok. Meskipun belum ada lontar Lombok yang ditemukan mengenai Mandalika yang melegenda tersebut.

Lampu penerang sederhana telah dinyalakan. Jaring-jaring beragam bentuk dan ukuran telah diangkat dan siap bergerak mengikuti arah air laut yang tersapu ombak Pantai Seger, membawa cacing-cacing laut beragam warna. Ada merah, hijau, dan kuning. Seolah ingin membuktikan janji Putri Mandalika, ribuan orang yang telah berkumpul, menyebar.

Ada yang memilih tepi bebatuan pantai, menunggu nyale mengeliat mendekati kaki mereka. Ada juga yang menerjang ombak dan meraup ribuan cacing jelmaan sang putri cantik. “Ini tradisi turun temurun, setahun sekali kami temukan. Setahun sekali kami bertemu Putri Mandalika,” kata Jumahir, warga Praya sambil memperbesar nyala lampu senter di kepalanya untuk menangkap sang putri nan menggoda kesabaran.

jadwal event
17 Feb 2019
Pantai Seger, NTB

Lokasi

0.0

Bau Nyale

Dipublikasi oleh

angga (Kontributor)

Kategori

Festival General , Pertunjukan , Seni & Budaya

Lokasi

Pantai Seger Kuta Lombok, Lombok, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

Jadwal

17 Februari 2019 - 27 Februari 2019 08:00 - 20:00

Harga

IDR 250.000

TOP